Home > Indonesia banknotes > Oeang Republik Indonesia I (ORI I) – October 17, 1945

Oeang Republik Indonesia I (ORI I) – October 17, 1945

December 19, 2012 Leave a comment Go to comments

Pada tahun 1942 di Indonesia telah beredar uang seri Dai Nippon Teikoku Seihu dan pada tahun 1945 Indonesia mengeluarkan mata uang seri Oeang Republik Indonesia I (ORI I) .

Sejarah uang kertas ORI (Oeang Republik Indonesia)

Mata uang pertama yang dimiliki Republik Indonesia setelah merdeka adalah Oeang Republik Indonesia atau ORI. Pemerintah memandang perlu untuk mengeluarkan uang sendiri yang tidak hanya berfungsi sebagai alat pembayaran yang sah tapi juga sebagai lambang utama negara merdeka.

Resmi beredar pada 30 Oktober 1946, ORI tampil dalam bentuk uang kertas bernominal satu sen dengan gambar muka keris terhunus dan gambar belakang teks undang undang ORI ditandatangani Menteri Keuangan saat itu A.A. Maramis. Pada hari itu juga dinyatakan bahwa uang Jepang dan uang Javache Bank tidak berlaku lagi. ORI pertama dicetak oleh Percetakan Canisius dengan desain sederhana dengan dua warna dan memakai pengaman serat halus.

Presiden Soekarno menjadi tokoh yang paling sering tampil dalam desain uang kertas ORI dan uang kertas Seri ORI II yang terbit di Jogjakarata pada 1 Januari 1947, Seri ORI III di Jogjakarta pada 26 Juli 1947, Seri ORI Baru di Jogjakarta pada 17 Agustus 1949, dan Seri 17 Agustus 1949, dan Seri Republik Indonesia Serikat (RIS) di Jakarta pada 1 Januari 1950.

Meski masa peredaran ORI cukup singkat, namun ORI telah diterima di seluruh wilayah Republik Indonesia dan ikut menggelorakan semangat perlawanan terhadap penjajah. Pada Mei 1946, saat suasana di Jakarta genting, maka Pemerintah RI memutuskan untuk melanjutkan pencetakan ORI di daerah pedalaman, seperti di Jogjakarta, Surakarta dan Malang. (Sumber: Wikipedia)

ORI I Merupakan Mata Uang Pertama di Republik Indonesia, ORI I ditandatangani oleh A.A Maramis. Pada hari itu juga dinyatakan bahwa uang Jepang dan uang Javasche Bank tidak berlaku lagi. ORI pertama dicetak Percetakan Canisius dengan desain sederhana dengan dua warna

Di bawah ini adalah beberapa uang seri Oeang Republik Indonesia I (ORI) – October 17, 1945:

1 Cents ORI I
5 Cents ORI I
10 Cents ORI I
½ Rupiah ORI I
1 Rupiah ORI I
5 Rupiah ORI I
10 Rupiah ORI I
100 Rupiah ORI I

Demikian sejarah singkat uang seri Oeang Republik Indonesia I (ORI I) semoga bisa menambah pengetahuan anda mengenai uang kuno Indonesia khusunya seri ORI. Terimakasih atas kunjungannya di blog Uang Kuno Indonesia/ Uang Lama Indonesia.

About these ads
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: